Ulasan Gigabyte G32QCA: Monitor Gaming Melengkung FreeSync 1440p 165Hz

Gigabyte G32QC A adalah monitor gaming melengkung 32″ 1440p 165Hz dengan AMD FreeSync dan dukungan HDR entry-level.

Ada banyak model dengan spesifikasi serupa, tetapi G32QCA menawarkan beberapa fitur unik dengan harga bersaing, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan gigabyte fv43u 4k 144hz freesync hdr gaming monitor.

Kualitas gambar

Berdasarkan panel VA 31,5″ dengan resolusi 2560×1440, Gigabyte G32QC-A memberikan kerapatan piksel yang sama dengan layar 24″ 1080p, yaitu ~93 PPI (piksel per inci).

Ini belum tentu hal yang buruk.

Anda mendapatkan detail yang tajam dan banyak real estat layar, dan karena monitornya sangat besar, Anda akan ingin duduk sedikit lebih jauh dari layar daripada dari monitor 24″.

Jadi, pada jarak pandang normal, Anda tidak akan dapat melihat piksel individual apa pun yang memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menikmati layar besar berukuran 32″.

Aset utama tampilan panel VA adalah rasio kontras statis superior (3.000: 1), yang menghasilkan warna hitam pekat, putih cerah, dan hubungan kuat antara nada paling gelap dan paling terang.

Selanjutnya, monitor Gigabyte G32QCA memiliki cahaya latar gamut warna lebar yang mencakup 93% ruang warna DCI-P3 (setara dengan ~121% sRGB).

Hasilnya, Anda mendapatkan warna yang lebih jenuh dan cerah. Namun, ini juga berarti bahwa konten sRGB (sebagian besar game dan konten web) akan agak terlalu jenuh.

Beberapa pengguna lebih menyukai saturasi ekstra ini karena menghasilkan warna yang lebih kaya, tetapi Anda juga dapat membatasi gamut warna G32QCA hingga ~100% sRGB melalui mode emulasi sRGB yang disediakan untuk akurasi yang lebih baik. Kecerahan disesuaikan dalam mode ini.

Terakhir, monitor memiliki kecerahan puncak 350-nits, yang lebih dari cukup bahkan untuk ruangan yang cukup terang.

HDR (High Dynamic Range) didukung dengan sertifikasi DisplayHDR 400 entry-level VESA.

Ini berarti bahwa konten HDR mendapat sedikit peningkatan kecerahan puncak hingga 400-nits, tetapi selain itu, kualitas gambar HDR tidak akan terlihat lebih baik secara signifikan, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Meskipun sudut pandang lebar 178°, ada beberapa pergeseran gamma kecil tergantung pada sudut pandang Anda pada layar, tetapi tidak ada yang drastis.

Selanjutnya, input lag Gigabyte G32QCA hanya berjumlah ~4ms. Dengan kata lain, Anda tidak akan dapat melihat atau merasakan penundaan antara tindakan Anda dan hasilnya di layar.

Sekarang, kecepatan waktu respons piksel GtG (abu-abu ke abu-abu) monitor tidak ditentukan oleh Gigabyte.

Waktu respons 1ms yang dikutip mengacu pada ukuran MPRT, yang hanya bisa Anda dapatkan setelah Anda mengaktifkan fitur Aim Stabilizer.

Ini adalah teknologi Motion Blur Reduction yang menggunakan backlight strobing untuk mengurangi ghosting yang dirasakan dalam game yang bergerak cepat.

Namun, sebagai gantinya, kecerahan monitor berkurang dan Anda tidak dapat menggunakan Adaptive-Sync secara bersamaan dengan Aim Stabilizer.

Kembali ke waktu respons GTG:

Ada empat mode overdrive waktu respons: Kualitas Gambar, Keseimbangan, Kecepatan, dan OD Cerdas.

Untuk 165Hz, Anda harus menggunakan opsi Speed ​​untuk trailing minimal yang terlihat di belakang objek yang bergerak cepat dengan biaya overshoot kecil (inverse ghosting).

Pada kecepatan refresh yang lebih rendah (60Hz – 100Hz), tetap pada opsi Balance untuk mengurangi overshoot.

Karena jumlah ghosting yang terlihat dan overshoot pada 165Hz, kami tidak merekomendasikan Gigabyte G32QCA untuk game FPS kompetitif.

Fitur

Adaptive-Sync didukung; ini menyediakan kecepatan refresh variabel (VRR) untuk kartu grafis AMD (FreeSync) dan NVIDIA (Kompatibel G-SYNC) yang kompatibel.

VRR menghilangkan semua layar robek dan tersendat dalam rentang 48-165Hz dengan menyinkronkan kecepatan refresh monitor dengan kecepatan bingkai GPU tanpa penalti lag input yang nyata.

Meskipun tampilan Gaming Monitors Gigabyte G32QCA tidak secara resmi disertifikasi sebagai ‘Kompatibel G-SYNC’ oleh NVIDIA, Anda dapat menggunakan Adaptive-Sync dengan kartu GeForce yang kompatibel.

Yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan ‘Kompatibel G-SYNC’ secara manual di panel kontrol NVIDIA.

Perlu diingat bahwa panel VA Samsung, seperti ini, rentan terhadap kedipan kecerahan dengan VRR, meskipun belum ada laporan mengenai hal ini untuk G32QCA.

Pindah, pada Gigabyte G32QCA mengemas banyak fitur tambahan yang berguna dan unik.

Untuk navigasi melalui menu, Anda dapat menggunakan joystick yang ditempatkan di bagian belakang monitor atau aplikasi desktop eksklusif OSD Sidekick.

Jika Anda menghubungkan port USB-B monitor ke PC, Anda dapat menggunakan fitur Dasbor, yang menampilkan suhu GPU/CPU, penggunaan, dan parameter lainnya.

Anda juga dapat menampilkan timer di layar, pelacak kecepatan refresh, dan bidik khusus.

Fitur penting lainnya termasuk Black Equalizer (meningkatkan visibilitas dalam game yang lebih gelap), mode Picture in Picture dan Picture by Picture, dan berbagai preset gambar (FPS, RTS/RPG, Reader, dll).

Selain alat penyesuaian gambar standar seperti kecerahan, kontras, dan suhu warna, Anda juga dapat menyesuaikan gamma dan saturasi warna.

Lampu latar monitor bebas kedip (kecuali Aim Stabilizer diaktifkan) dan ada mode filter cahaya biru rendah.

Tidak seperti monitor bermerek Aorus dari Gigabyte, G32QCA tidak mendukung ANC (Active Noise Cancelling) melalui jack headphone-nya.

Desain & Konektivitas

Desain Gigabyte G32QCA melibatkan bezel ultra-tipis, lapisan layar anti-silau matte yang menghilangkan pantulan, dan dudukan yang dapat disesuaikan ketinggiannya (hingga 100mm).

Anda juga dapat memiringkan penyangga sebesar -5°/20° atau melepaskannya untuk pola pemasangan VESA 100x100mm, namun Anda tidak dapat memutar atau memutar layar.

Layarnya memiliki kelengkungan 1500R yang curam untuk imersi tambahan, meskipun tidak semua orang menyukai layar melengkung pada ukuran layar ini.

Pilihan konektivitas termasuk DisplayPort 1.2, dua port HDMI 2.0 (maks 144Hz pada 1440p), jack headphone, dan hub dual-USB 3.0.

Leave a Comment