Asus mengungkapkan laptop 14 inci teringan di dunia – dapatkah itu melawan Dell dan HP?

Asus telah mengungkapkan sepasang laptop Expert Series baru di Computex 2022, termasuk notebook 14 inci teringan di dunia.

Penawaran kelas bulu itu adalah Asus ExpertBook B9, laptop bisnis 14 inci yang beratnya hanya 880 gram berkat sasis magnesium-alloy.

ExpertBook B9 (kode produk B9450CBA) mungkin sangat portabel – juga tipis 14.9mm – tetapi Asus berjanji bahwa ia tidak mengambil jalan pintas dalam hal perangkat keras di dalamnya, dan kinerja yang mampu dilakukannya. Untuk itu, Anda mendapatkan silikon Intel Alder Lake (12-gen) terbaru, hingga model Core i7 vPro (dengan grafis Iris Xe terintegrasi), dan dua SSD dalam konfigurasi RAID (disesuaikan dengan kinerja, atau untuk redundansi) dengan hingga untuk 4TB dalam penyimpanan mungkin.

Secara alami, mereka yang bekerja di perjalanan juga akan mengharapkan tingkat daya tahan baterai yang baik, dan umur panjang mencapai 16 jam menurut Asus, untuk informasi laptop lebih lengkapnya di Berita Laptop Terbaru.

ExpertBook B9 juga dibuat dengan baik – dengan standar MIL-STD 810H, dengan konstruksi yang diperkuat meskipun bobotnya ringan – dan dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan. Itu termasuk pelindung webcam, pembaca sidik jari, slot kunci Kensington, dan banyak lagi…

Keyboard ukuran penuh B9 juga tahan tumpah, jika Anda menjatuhkan kopi pagi Anda di dekat notebook. Hal menarik lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa trackpad memiliki papan angka terintegrasi (serta pembaca NFC bawaan untuk login dengan menggesek kartu).

Portabel lain yang diluncurkan di Computex adalah ExpertBook B7 Flip (B7402FBA), model 14-inci lainnya yang merupakan hibrida, dan seperti namanya, Anda dapat membaliknya di sekitar engsel 360 derajat untuk digunakan dalam mode berdiri atau tablet (itu perangkat layar sentuh dan dilengkapi dengan Pena Asus magnetik).

B7 Flip menawarkan dukungan 5G sebagai opsi (dan Wi-Fi 6E menjadi tawar-menawar), dan sekali lagi dibangun di atas CPU generasi ke-12 Intel (hingga Core i7), dipasangkan dengan RAM sistem DDR5 hingga 64GB. Perangkat ini memiliki sasis paduan magnesium-aluminium dan sekali lagi disertifikasi dengan standar MIL-STD 810H untuk ketangguhan dan daya tahan.

Anda mendapatkan 11 jam masa pakai baterai dengan konvertibel ini, dan banyak fitur keamanan serupa dengan B9 di atas dalam hal biometrik (login wajah dan sensor sidik jari). Juga disediakan Asus PrivateView, mode operasi yang memudarkan layar secara drastis pada sudut pandang 45 derajat (artinya seseorang yang duduk di sebelah Anda tidak akan dapat melihat isi layar Anda).

ExpertBook B7 Flip juga memungkinkan hingga tiga monitor eksternal untuk dihubungkan.

Baik ExpertBook B9 dan ExpertBook B7 Flip akan mulai dari $ 1.399 di AS (sekitar £ 1.100, AU $ 2.000) dan Asus mengatakan bahwa laptop ini akan keluar pada Q3, untuk lebih lengkapnya di Teknosional.

Analisis: Bodoh ringan, namun mengemas pukulan di berbagai bidang

Ini terlihat seperti beberapa notebook yang sangat cerdas untuk pengguna bisnis, menawarkan berbagai fitur keamanan dan beberapa inovasi cerdas (seperti papan angka itu), dengan harga awal yang sesuai untuk apa yang Anda dapatkan di sini.

ExpertBook B9 sangat ringan, dan meskipun kumpulan notebook teringan kami hanya memiliki pendahulunya di nomor tiga, perangkat yang berada di depan model Asus lebih kecil (13,3 inci daripada 14 inci), jadi mereka memiliki keuntungan dalam hal itu.

Sungguh, untuk membuat laptop yang ringan, tahan lama, dan dikemas dengan fitur ini, menjanjikan beberapa peningkatan performa berkat CPU Alder Lake terbaru dari Intel, tampaknya merupakan pencapaian yang cukup besar. B9 adalah salah satu yang harus diperhatikan oleh pengguna bisnis, pasti, dan B7 Flip juga terlihat sebagai taruhan yang solid untuk convertible.

Leave a Comment